Anda sedang membaca

Rumus interpolasi

Interpolasi adalah hal yang paling susah untuk saya pahami, jika ada soal dan mengharuskan saya melakukan modus interpolasi maka saya pun akan merasa malas dan menyontek teman padahal interpolasi itu tidaklah sesulit yang dibayangkan dan itu terjadi pada saya.

ada beberapa metode penyelesaian kasus-kasus interpolasi namun yang saya akan jelaskan kali ini adalah metode interpolasi perbandingan segitiga:

contoh : 
  
jika Y = 17, berapa nilai Z

Penyelesaian :
karena nilai Y = 17  itu artinya range didapat antara 15 sampai 20
dari tabel didapatkan;
H1=58
H2=70
B1=20-17=3
B2=20-15=5

          nilai x didapat = 65,20 

semoga tidak ada yang bingung karena gambarnya lebih mirip trapesium


Tertarik dengan blog ini?
Masukkan email Anda pada kotak dibawah untuk dapat
berlangganan update artikel terbaru dari Komunitas Sipil


Komentar

ucupGD

matur tengkiyuu., ilmu yang sangat membantu

Anonymous

Salah nih harusnya B1 = 17-15 = 2

Reni Ginting

Singkat padat dan jelas lass lass lass laasss :D
tengkiuu mas :)

hacking-em-nut

Iya tuh mas, harusnya B1=17-15.. kalo 20-17 itu kan justru di sebelah kanannya x yang berarti B2-B1.

Benazer

Terima kasih banyak atas koreksinya,
Jadi B1 = 17-15=2
OKe!

mohamad rivai

sama om, ane juga pake ntu segitiga :D

Anonymous

(x2-x)/(x2-x1) = (y2-y)/(y2-y1)

FUNKIDS TOYS

MEMBNTU BRO.. THANKS

rosma diana

kalau rumus iterpolasi utk membuaat data triwulanan jd per bulan gmn ya?

Reno Rasiwara

kita juga punya nih artikel mengenai 'Interpolasi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3260/1/Kommit2004_kecerdasan_004.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

arif gazali

mksihhh..yg gk ngerti goblok...

Anonymous

nhq punya cara yg simple bro,,

Y Z
15 58
17 X=…?
20 70

> 17 - 15 / 20 - 15 = x - 58 / 70 -58
> 2 / 5 = x- 58 / 12
> 5 ( x - 58 ) = 24
> 5x = 314
> x = 62.8

Tri Ilham Wicaksono

mas, tolong itu di edit yang salah 20-17, soalnya saya tadi terlanjur hapalin dan ternyata salah, berdampak ke ujian dan penghapalan saya nih :(

Anonymous

(H1/B2 x B1) + H1
coba aja ka.. hasilnya sama ko :*

Tinggalkan Komentar Anda

 

review infobenazer.blogspot.com on alexa.com

Bloggers - Meet Millions of Bloggers Site Meter

Copyright 2011. All rights reserved.

Komunitas Sipil . Powered by Blogger.